Butuh jasa desain bangunan eksterior maupun interior?. Yuk langsung hubungi kami melalui Whatsapp (Free Konsultasi) disini

Beda Granit Alam dan Granit Tile (Polish, double loading, matt, full body, dll), Jangan Salah Artikan ya!

inspirasi desain living room dari Summit Tile

            Sering kita menyebut dua hal yang berbeda pada istilah granit untuk penutup lantai. Bahkan sering kita salah mengartikan kedua hal tersebut, 2 istilah granit yang dimaksud adalah adalah Granit alam (alami) dan Granit Tile. Keduanya adalah material berbeda yang sering kita sebagai orang awam pasti banyak menganggapnya satu hal yang sama. Kedua material tersebut memiliki perbedaan dari mulai segi harga, hingga cara pembuatan.

            Tertarik ingin menggunakan material granit untuk penutup lantai rumah Anda,?, Sebelum menggunakan material granit alangkah baiknya anda mengetahui perbedaan keduanya (granit alam dan granit tile) terlebih dahulu. Dan berikut ulasan singkat perbedaan keduanya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Granit Alam

            Granit satu ini merupakan material yang berasal dari alam. proses pembuatannya adalah dengan cara menambang batuan granit berbentuk kubus besar yang kemudian melalui proses hingga dipotong berupa lembaran / slab yang siap dijual. 

             Material granit berasal dari batuan granit yang merupakan batuan beku yang memiliki kandungan feldspar, kuarsa dan sedikit kandungan mineral mika dan amphibole. Alasan mengapa batuan ini digunakan sebagai penutup lantai hingga dinding adalah karena sifatnya yang kokoh, tidak mudah tergores, rusak, serta natural dan unik.

            Granit memberikan kesan natural dan tahan terhadap suhu tinggi bahkan granit alam ini dapat membuat membuat suhu ruangan menjadi terasa sejuk karena sifat pori-pori granit yang mampu menyerap udara disekitarnya. Tak jarang pula granit alam ini dimanfaatkan sebagai material finishing top table kitchen set.

            Karena didapat dari alam dan melalui proses pabrikasi yang panjang, granit alam ini memiliki harga yang cukup menguras kantong. Tak heran jika granit alam ini adalah material yang digunakan oleh orang-orang yang memiliki kantong lebih. Selain itu dalam hal perawatan, granit alam juga perlu perhatian lebih karena cukup sulit dan membutuhkan ekstra perhatian untuk menjaga agar tetap indah dan berkilau.

            Kita tahu bahwa granit alam merupakan hasil dari penambangan tentunya granit alam ini memiliki karakter dan ciri berbeda ditiap tempatnya. Oleh karenanya, berdasarkan dari asalnya Granit alam dibedakan atas 2 jenis yaitu lokal (Indonesia) dan impor (luar negeri).

2. Granit Tile (Homogeneous Tile, Dll)

            Granit untuk penutup lantai juga dapat diproduksi secara fabrikasi. Granit tile fabrikasi ini pun memiliki dua macam perbedaan dalam pembuatannya yaitu granit non glazur dan glazur, berikut ringkasannya:
 

A. Granit non Glazur 

Granit untuk top table kitchen

            Granit tile ini tidak mengandung glazur pada permukaan, memiliki daya kilap sekitar 90 derajad. memiliki kekuatan daya gores yang baik, cocok digunakan area publik (mall, dll). non glasur dibagi menjadi 3:

  • Single loading / soluble salt,

            Model ini merupakan varian non glazur dengan harga paling murah dan sederhana banyak digemari dan memiliki kekuatan bending yang baik dibanding dengan keramik. diberi lapisan nano untuk lebih tahan terhadap noda. 
  • Double loading,

            Dua tahap (dasar dan motif), motif terbentuk dari powder yang sudah disetting dengan komputer. memiliki motif yang lebih baik dan kecerahan dari soluble salt.
  • Full body (Homogeneous Tile),

            Granit ini disebut homogen karena lapisan permukaan hingga lapisan bawah diproduksi dengan material warna, mutu material / struktur penyusunnya sama. Dipasaran biasa kita sebut dengan istilah Granit "Full Body". Granit Homogeneous Tile berbahan dasar feldspar, dimana feldspar merupakan salah satu kelompok mineral pembuat batuan. Untuk mendapatkan produk akhir Homogeneous Tile ini bahan feldspar dicampur dengan bahan lainnya seperti pasir silika serta zat pewarna. 

            Granit Homogen sama seperti granit alam yang memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap suhu panas, jadi granit ini sangat cocok untuk digunakan seperti ruang dapur maupun luar rumah.

             Granit homogen juga memiliki sifat daya serap air yang rendah. sifat tersebut dipengaruhi oleh proses pembakaran yang sempurna hingga mencapai 1230 derajad C, disanalah granit ini menjadi kuat dan padat hingga membuat granit homogen ini menjadi water absorption (penyerapan air) rendah, bahkan nyaris tidak ada.

            Kemampuan daya serap air yang bahkan tidak ada tersebut membuat granit menjadi material penutup lantai yang tahan terhadap noda / stain resistance dan ketahanan terhadap goresan / scratch resistance.

B. Granit Glazur / Keramik Granit Glasur

            Istilah granit ini memiliki perbedaan yang mendasar yaitu memiliki susunan 2 lapis pembentuk. Dua lapis tersebut adalah lapisan glazur dan lapisan tanah liat ataupun semacamnya.

granit tile dari roman untuk ruang utama menjadi lebih mewah dan modern

            Lapisan glasur adalah lapisan atas / permukaan yang membentuk motif granit. Dan umumnya keramik granit glasur ini umumnya akan lebih murah dibandingkan granit yang non Glasur. Granit Glazur memiliki beberapa model diantaranya adalah:

  • Polished,

            Memiliki daya kilap tinggi dari pada model lain. Tingkat daya kilapnya mencapai 95-100 derajad. Motif dari model ini pun memiliki banyak pilihan sehingga jika anda tertarik ingin menggunakan model ini anda tidak perlu pusing karena pilihan motif yang terbatas.

            Kekurangan dari model ini adalah jika kita amati secara lebih jeli lagi, model ini memiliki permukaan yang kurang rata / menggelombang halus. Jadi jangan heran ketika pemasangan model ini, bagian sambungan antar granit biasanya kita menemui bagian yang menggelombang / tidak rata (melengkung).

            Model ini cocok digunakan untuk lantai ruang utama, kamar maupun dinding kamar mandi dll.

  • Micro cristal,

            Model ini memiliki kelebihan dari model Polish. Granit dengan finishing micro cristal ini diberi lapisan tambahan partikel khusus pada permukaannya, sehingga model ini memiliki tingkat permukaaan yang sangat rata sekali dibanding model polish. Jadi dari segi harga pun akan berbeda pula jika dibandingkan model granit polish. Tentunya kembali pada kantung / budget masing-masing bukan?.

  • Lappato,

            Model ini memiliki perpaduan dengan kombinasi polished dan matt. Permukaannya mirip seperti bebatuan yang bertekstur. Ada bagian yang mengkilap juga ada bagian yang matt dengan motif yang tidak beraturan / tidak berpola. 

            Kesan yang didapatkan dari model ini adalah menampilkan suasana yang cukup natural, alami, dan sejuk. Contoh dari model ini diantaranya seperti merk Niro dengan produk yang diberi nama I'Pietra.

  • Matt,

            Model ini memiliki permukaan yang tidak dapat memantulkan cahaya seperti model polish. Sehingga kesan kilau atau mengkilap tidak dimiliki pada model ini. Tingkat kilaunya hanya berkisar 7-12 derajad saja.

            Pada saat ini dengan berkembangnya inovasi, model matt ini pun banyak variasi. Seperti gloss on matt, matt satin dan lain sebagainya. Inovasi tersebut memberikan permukaan pada granit matt yang memiliki kilap berefek khusus.

            Dengan permukaan yang Matt dan kasar granit ini cocok digunakan untuk ruang seperti lantai kamar mandi, teras maupun carport. Model ini aman digunakan karena permukaan yang tidak membahayakan penggunanya, tidak licin apabila terkena air dst.

  • Soft polished / baby skin,

            Granit model ini memiliki permukaan yang lunak jika diibaratkan seperti kulit bayi, itulah sebabnya granit ini juga di sebut baby skin. Granit ini tidak nampak sangat mengkilap tetapi juga tidak Matt. Penggunaannya pun juga cocok untuk area lantai ruang utama maupun ruang private kering.

            Penggunaan granit model ini memberikan kenyaman tersendiri, kalem tanpa ada kilauan-kilauan yang berlebihan pada ruangan.

  • Rustic,

            Model ini memberi kesan permukaan yang berbeda dari model lain. Granit rustic memberikan desain yang unik dan menarik. Pasalnya jika anda ingin mendesain rumah dengan kesan natural dan alami. Granit rustic memiliki permukaan yang kasar dan sangat bertekstur. Sehingga kesan alami yang didapat dapat sangat terasa jika diterapkan pada sebuah ruangan.

            Granit ini memiliki daya kilap yang rendah sama seperti granit matt dikisaran 7-12 derajad. Contoh pada granit ini seperti Merk Granito type Castello Terreno.


            Sekian penjelasan singkat yang mungkin dapat menambah wawasan Anda terkait material granit. Saya harap setelah membaca artikel kali ini Anda tidak lagi bingung memilih material terutama granit yang pastinya sesuai dengan kebutuhan dan budget dong. Apabila ada saran atau masukkan yukk share di kolom komentar. Salam Terimakasih.



Exterior Interior Designer| Blogger

Posting Komentar