Butuh jasa desain bangunan eksterior maupun interior?. Yuk langsung hubungi kami melalui Whatsapp (Free Konsultasi) disini

7 Ide pemasangan pola keramik untuk rumah kalian, manah nih yang cakep?

macam pola pemasangan lantai | pola lantai herrigbone honeycomb mozaik subway
Ide pasang pola keramik untuk rumah, Herritage, Subway dan lain

            Lantai merupakan bagian atau struktur dari suatu bangunan yang berada di permukaan bawah dari sebuah ruangan maupun luar ruangan. Lantai dapat menggunakan berbagai macam material seperti plester aci, kayu, batu, bambu, keramik, granit dan lain sebagainya. penggunaan material tersebut kembali lagi kepada selera masing-masing, fungsi dan tujuan dari dibuatnya suatu bangunan.

            Diantara material tersebut keramik, granit dan semacamnya sudah menjadi material umum dalam membangun suatu rumah ataupun gedung. keramik maupun granit pun saat ini banyak sekali model yang tersedia, dengan berbagai motif dan pola yang ditawarkan. Jika motif lebih memberikan kesan beragam dan variatif dari cetakan pengrajin / produsennya, Pola keramik lebih memberikan kesan dari bagaimana kita menata lantai dan menyusun keramik saat proses pemasangan. Berikut kilas 7 model pola pemasangan lantai yang dapat kalian aplikasikan pada rumah teman-teman nih. Mana yang kalian suka?, yuk simak.

  • Garis lurus
           Pola yang satu ini pasti sudah umum sih bagi teman-teman. Pola yang biasa, simpel dan mudah dipasang pada setiap rumah maupun gedung-gedung. Pemasangannya pun tinggal dipasang secara lulus dan sejajar antar keramik. Eits, walaupun pola ini adalah pola paling simpel, tetapi untuk mendapatkan kerapihan dan hasil yang bagus tidak sembarang pasang loh temen-temen. Jadi disinilah tenaga terampil / Tukang diperlukan.

  • Diagonal
        Pola diagonal adalah pola yang pemasangannya mirip dengan pemasangan pola garis lurus, hanya saja keramik pada pola ini di putar 45 derajad dari acuan dinding rumah sehingga jika teman-teman lihat akan membentuk belah ketupat. Dengan pola ini kabarnya akan membuat ruangan kecil kita terkesan / terasa lebih besar dan lebar, apa betul?, yuk analisa bareng dari gambar dibawah.

  • Heksagonal / Honeycomb
            Pola Heksagonal atau sebagian orang juga menyebut dengan Honeycomb ini juga patut kita coba. kenapa disebut Honeycomb?, sebab keramik ini di buat berbentuk heksagonal (Segi 6) dan jika sudah terpasang keramik ini akan terlihat menyerupai sarang lebah, unik bukan?. Dengan pola ini rumah teman-teman akan nampak lebih kekinian tetapi tetap simpel dengan gaya geometris. Jika teman-teman bertanya dimana saya dapat mencari keramik seperti ini?, tidak banyak produsen yang memproduksi keramik seperti ini diantara yang memproduksi (produsen merk terkenal) seperti merk Roman dengan type dTravessa.

  • Herrigbone
            Pola Herrigbone ini merupakan pola yang terinspirasi dari bentuk tulang ikan. Pola ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan ukuran keramik persegi panjang, dengan bentuknya yang disusun menyerupai bentuk zig zag. Pengaplikasian pola ini dapat membuat rumah kita terkesan menjadi lebih dinamis. Dan dapat kalian aplikasikan sesuai selera teman-teman.

  • Mozaik
            Pola ini merupakan pola yang mungkin cukup rumit dari pola lainnya. pola ini bisa didapatkan dari custom (bentuk) keramik sesuai kebutuhan, menyusun keramik ukuran kecil hingga membentuk pola ataupun dengan cara membentuk dan memotong keramik biasa menjadi pola tertentu sesuai dengan keinginan. T
idak sembarang Tukang pun dapat mengaplikasikan pola ini karena memerlukan keahlian khusus. Pola ini cocok digunakan untuk dinding kamar mandi, teras, dapur maupun ruangan lainnya sesuai dengan rencana kebutuhan desain dan kesan yang ingin didapatkan pada suatu ruangan.
  • Basket weave
        Pola Basket weave merupakan pola yang dapat diaplikasikan pada keramik persegi panjang dengan pemasangan dengan menyusun sepasang (2buah / lebih keramik) secara horizontal kemudian dipadukan pemasangan sepasang (2buah / lebih keramik) secara vertikal pada sisi samping, atas dan bawah, begitu seterusnya. sehingga pola ini menyerupai pola bentuk anyaman dengan kesan nyaman untuk terus di pandang.

  • Subway
            Pola ini merupakan pola yang diadopsi dari stasiun kereta api bawah tanah di New York atau biasa kita kenal dengan nama Subway, dinding-dinding di stasiun tersebut memiliki penataan pola keramik yang unik sejak 1904. Jika saat ini biasa kita kenal dengan pemasangan menyerupai pemasangan pola dinding batu bata merah. Pola klasik yang tetap asyik diaplikasikan hingga sekarang. pengaplikasian pola ini banyak dimanfaatkan pada dinding-dinding dapur, maupun kamar mandi.

            Dari ketujuh pola diatas, gimana menurut teman-teman, ada yang kalian suka dari berbagai opsi diatas?, yuk sharing di kolom komentar. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman yang akan membuat rumah ataupun merencanakan rumah impian yahh, Aamiin. Bagi teman-teman yang ingin merencanakan rumah impian boleh banget yuk konsultasi dengan kami dapat menghubungi kami langsung melalui Whatsapp. Ditunggu yahhh




Exterior Interior Designer| Blogger

Posting Komentar